Tips Gigi Sehat
Menyikat gigi setelah sarapan pagi dan sebelum tidur, mengurangi resiko sakit gigi
Gunakan hanya 2 kali sehari obat kumur untuk menghilangkan bakteri gigi
Ajarkan secara dini kepada putra-putri Anda tentang menyikat gigi
Gantilah sikat gigi setidaknya 3 bulan sekali

Penyakit Gusi dan Kelahiran Prematur

Rabu, 17 Juli 2013 WIB

Setidaknya beberapa penelitian besar telah menunjukkan bahwa ada hubungan antara penyakit gusi dengan kelahiran premature. Para peneliti dari sebuah studi yang hasilnya dipublikasikan dalam The Journal of American Dental Association menemukan bahwa wanita hamil dengan penyakit gusi yang kronis mempunyai resiko empat sampai tujuh kali lebih untuk melahirkan prematur (sebelum usia kehamilan minggu ke 37) dan bayi lahir dengan berat badan rendah dibandingkan dengan ibu hamil yang mempunyai gusi yang sehat.

Kasus peradangan gusi selama kehamilan banyak ditemukan, ini disebabkan karena perubahan hormonal, meningkatnya progesteron yang menyebabkan meningkatnya bakteri plak. Plak bakteri yang banyak tumbuh akan mengakibatkan peradangan gusi dengan ditandai gusi berwarna merah darah, gusi mudah berdarah, adanya benjolan pada tepi-tepi gusi.

Bakteri radang gusi akan mengeluarkan produknya yang berupa racun masuk dalam aliran darah dan kemudian mampu menembus plasenta janin sehingga mengganggu metabolisme perkembangan janin.

Untuk mencegah adanya peradangan gusi selama kehamilan, dianjurkan wanita hamil menjaga kebersihan gigi dengan menyikah gigi dua kali sehari, berkumur dengan obat kumur sehari satu kali dan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi demi menjaga kesehatan dan perkembangan janin yang normal.

Komentar

Terima kasih telah mengisi komentar. Saat ini komentar Anda sedang menunggu moderasi.

Anda tidak memasukkan teks reCAPTCHA dengan benar. Silakan ketikkan kembali.
Terhubung dengan kami di Facebook   Terhubung dengan kami di Twitter